Tips Liburan Jogja #1 : Budgeting

Tips Liburan Jogja #1 Ala Travelisto Tours

Tips Liburan Jogja #1, adalah Kumpulan beberapa tips buat kalian yang hendak berlibur ke Kota Gudeg. Meliburkan diri dari rutinitas merupakan obat mujarab yang ampuh untuk bisa membuatmu kembali fresh dan siap tempur. Apalagi liburannya bersama teman-teman atau keluarga apalagi dengan pasangan disertai dengan perencanaan yang sesuai. Karena tubuh anda, mata anda, pikiran anda perlu santai/relax agar terhindar dari penyakit alay, baper, dengki dan berbagai penyakit buruk lainnya yang disebabkan rutinitas sehari-hari.

Kalo tips itu diartikan dengan Memberi uang kepada orang lain, itu udah biasa. Tapi disini akan dibahas tips-tips yang akurat, Dimaksudkan agar kamu saat wisata ke Jogja nanti, terjaga kesempurnaan wisatanya. Berikut beberapa Tips Berwisata orisinil dari Travelisto Tours yang ga mungkin didapat di website lain. Tips ini akan dibagi dalam beberapa seri artikel, Stay tune yah.

Tips Budgeting

a. Tips Liburan ke Jogja #1 : Rencanakan liburanmu dengan tepat dan cermat.

  • Pilihlah paket wisata yang transparan. Jangan sampai kejadian over budget, yang nantinya membuat kamu malah punya beban cicilan hutang setelah liburan, pait kan? Meskipun budget yang akan dikeluarkan sewaktu wisata di Jogja nantinya juga gak bakalan sebanyak penggunaan ketika wisata di luar negri, tetap saja kamu harus mengaturnya sedemikian rupa, supaya tidak tekor dan menyesal di kemudian hari.
  • Jika hendak menggunakan agen wisata, pilihlah yang berkualitas dan bertanggung jawab. Banyak yang murah tapi tidak murahan, dan juga banyak yang mahal tapi memuaskan. Jangan asal pilih yang murah tapi nantinya kamu tidak terurus dengan baik dan kecewa. Kecuali, jika kamu backpacker sejati yang tidak mementingkan apapun selain tiba ditempat tujuan dengan biaya semurah mungkin.
  • Mintalah harga yang transparan dan itinerary untuk rencana wisatamu. Kalo belum puas, bandingkan! Ada harga ada rupa, begitu pemeo bilang. Karena ini wisata, sebaiknya pilih agen wisata yang punya portofolio yang bagus, Supaya perjalanan wisatamu sempurna. Sekali lagi, Jangan asal murah!
  • Kalo bisa pilih yang sistem pembayarannya onlen kayak kami, jadi ga ada kemungkinan tipu-tipu. Sudah banyak jatuh korban oleh agen wisata abal-abal, Kamu jangan.

b. Tips Liburan ke Jogja #1 : Pilih dengan cermat tujuan wisatamu.

  • Banyak tawaran pilihan paket wisata yang disajikan di internet oleh ribuan agen wisata di Jogja. Kamu bebas boleh pilih yang mana, sesukamu, namun pelajari atau riset terlebih dahulu supaya kamu ngga kecewa belakangan. Setiap obyek wisata di Jogja punya jam atau hari buka yang berbeda-beda. Jangan sampe kamu pingin wisata ziarah ke Makam Raja-raja Imogiri, sampe sana malah ga bisa masuk karena bukan hari jadwalnya buka.
  • Tanyakan dulu segala sesuatu nya dengan agen wisata pilihanmu. Jika mereka malas atau ogah-ogahan itu pertanda mereka abal-abal. Travel Agen  yang baik pasti akan dengan sabar melayanimu. Janganlah sampai terjadi hal-hal yang membuatmu kaget, seperti misalnya ketidak-sesuaian antara harga paket wisata yang ditawarkan dengan biaya yang mungkin timbul kemudian.

c. Tips Liburan ke Jogja #1 : Tentukan destinasi wisata yang sesuai dengan kebutuhanmu.

  • Ketika kamu butuh udara segar atau refreshing, Kamu jangan malah jalan-jalan di pinggir jalan raya atau ditempat yang berdebu. Pikniklah ke tempat-tempat yang masih asri dan natural yang penuh dengan pemandangan indah-indah, sehingga bisa membuatmu cepat move-on dan melupakan masa lalu.
  • Banyak tempat wisata di Jogja dengan harga tiket yang sangat murah namun pemandangannya sangatlah bagus.  Pun, jika kamu butuh literatur untuk ilmu sejarah atau arkeologi, pastikan agen wisatamu ngerti tentang destinasi yang berkaitan dengan hal tersebut.
  • Bagi kamu yang punya asma, ya nggak usah wisata Lava Tour Merapi, karena sangat dusty. Janganlah pula mengajak anak-anak usia dibawah 2 tahun (infants) atau lansia untuk wisata petualangan. Sangat riskan kalo mereka diajak petualangan. Kalau gak diajak ,juga sia-sia udah bayar paket, ntar malah nyampe sana cuman nungguin nenek di parkiran. Dan harap diingat, jangan sampai kamu yang hobi bangun siang lalu memilih paket wisata sunrise. Sia-sia ntar udah bayar paket wisatanya.
  • Normalnya orang yang tinggal di pegunungan akan piknik ke pantai sementara Orang pesisir akan ke pegunungan. Orang kota piknik ke desa, begitu juga sebaliknya, Lumrahnya begitu kan ya? Tapi kalo pun kamu maunya sesuka hatimu ya boleh-boleh saja. Misal kamu tinggal di daerah lereng merapi, pikniknya ke Merapi juga. Ya nggak apa apa sih, Yang penting anak, istri atau pasanganmu bahagya dan masuknya gratis pula.
  • Andaikata kamu butuh wisata malam, kami sudah paham tempatnya. Maksudnya, Kami tahu tempat wisata yang tutup sampai malam, begitu.
Tips Liburan ke Jogja #1
wisata malam pinus pengger

d. Bawa peralatan piknik dan bekal dari rumah agar terhindar dari biaya tak terduga.

  • Biasanya harga-harga di tempat wisata selalu lebih mahal daripada di warung tetangga. Jadi gosah malu bawa camilan/snack sendiri, tiker sendiri, alat makan sendiri. Bukan berarti membawa kompor dan gasnya sekalian buat masak. Itu kalo kamu mau camping sih boleh-boleh aja. Tapi ingat, membeli jajan/makanan di warung-warung kecil di sekitar lokasi wisata kan membantu ekonomi kerakyatan. Asal makanan-nya bersih dan harganya masih wajar.
  • Kamu boleh bawa payung dari rumah, jika hendak menuju obyek wisata yang diperkirakan panas membara. Itu juga untuk jaga-jaga kalau tetiba turun hujan. Tapi kami yakin bakalan sia-sia kalo bawa payung ke Indrayanti atau pantai lainnya, Soalnya ada banyak payung warna warni disana. Ga usah bawa mantel, Kamu naik mobil bukan naik motor kalo piknik bareng kami.

Demikian Tips Liburan ke Jogja #1 : Budgeting,  Bersambung ke tips berikutnya ya. Tapi kalo kamu udah keburu mau liburan dan udah siap travelling? Klik tawaran city tour kami.

Tagged

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *