Tips Liburan Jogja #3 : Kewaspadaan

Tips Liburan Jogja #3  : Kewaspadaan.

Tips Liburan Jogja #3, adalah lanjutan beberapa tips buat kalian yang hendak berlibur ke Kota Budaya. Artikel ini dibuat untuk menjaga kesempurnaan wisatamu. Bagi yang belum baca Tips yang pertama atau yang kedua, bisa dibaca dulu agar lebih komprehensif. Ok, Langsung  lanjut ke poin berikutnya.

Liburan bukan semata mata buat pamer, liburan itu untuk dinikmati, Pastikan tujuanmu berwisata adalah menghibur diri dan bersenang-senang. Jangan sampai saat liburan di Jogja malah memberikan masalah buat kamu. Tetap harus memperhatikan hal-hal yang sekiranya akan menimbulkan masalah.

a. Tips Liburan Jogja #3 : Selfie.

Setiap orang punya hobi yang satu ini, meskipun tidak semuanya. Tapi bagi pecandu sosial media, Selfie adalah hal wajib yang harus dilakukan setiap saat, apalagi saat berada di tempat wisata. Bahkan tidak bisa dipungkiri, ada yang jauh-jauh datang ke tempat wisata hanya sekedar untuk selfie semata. Sebelum mandi, selfie, makan sambil selfie, diperjalanan nge-vlog sambil selfie, mau tidur pun selfie dulu. Kadang kadang hape suka error gegara kepenuhan tidak mampu menyimpan file hasil ambisi selfie.

  • Di beberapa tempat wisata di Jogja, Kedatangan wisatawan disana hanya sekedar untuk selfie. Berhubung pelancong yang mau selfie di spot-spot yang ada, sangat banyak, maka kamu harus sabar menunggu antrian. Atau kamu bisa datang lebih awal. Jangan berebut!
  • Untuk selfie yang maksimal gunakan jasa potograper. Kalo nggak ada, minimal kamera yang lumayan bagus. Biasanya driver kami juga merangkap “fotografer berhati mulia” tapi tidak menerima komplain hasil.
  • Di Museum Demata, Selfie Park Umbulharjo atau Upside Down World dan beberapa tempat lainnya, Kamu bisa selfie sepuasnya. Disana juga disediakan jasa fotografer jikalau kamu pikir kameramu kurang mumpuni. Kamu akan diarahkan dengan gaya yang sesuai dengan backgroundnya.
  • Jangan sampai hobi selfie mu ditempat wisata di jogja, membawa petaka gegara ingin dianggap kontroversial. Misalnya : Kamu maksa selfie di bibir kawah Gunung Merapi atau Kamu melakukan aksi parkour diatas kepala stupa Candi Borobudur, biar dianggep kontroversial. Kamu ntar bisa celaka atau tercyduks. Beberapa berita di surat kabar nasional pernah memberitakan hal tersebut.

Tips Liburan Jogja #3

b. Tips Liburan Jogja #3 : Norma Kesopanan dan Aturan.

Berwisata di Jogja, penuh ragam pilihan destinasi wisata. Kamu bisa wisata sejarah, wisata budaya, wisata candi, wisata pantai atau bahkan wisata ziarah. Jika kamu pas sedang wisata ziarah di tempat-tempat keramat atau religius. Sebaiknya jaga betul norma kesopanan dan aturan yang ditetapkan oleh pengelola wisata.

  • Jika sedang berwisata ziarah ke makam, ya kamu ga bole teriak-teriak kegirangan atau kejar-kejaran, tidak boleh mesum juga. Mesumnya ntar kalo dah nikah aja di tempat yang proper.
  • Jangan pula kamu pipis di sembarang tempat. Kalopun terpaksa harus dilakukan, ya, uluk salam. Minta ijin kepada alam semesta. Kalo kamu kebelet pipis di perjalanan, gosah kuatir jaman sekarang banyak toilet umum bertebaran di pinggir jalan berbentuk minimarket, ga belanja ga papa, udah biasa.
  • Saat berwisata di waterpark atau obyek wisata ramah anak, jangan rebutan wahana dengan anak kecil. Kamu yang udah gede jangan maksa main caroussel atau masuk ke kolam renang anak-anak. Gak sopan tau!
  • Saat kamu sedang wisata pantai di pantai selatan Jogja, Biasanya ada aturan tertulis dilarang berenang. Ya jangan berenang! Patuhi aturan itu atau kamu kemungkinan akan celaka. Hampir semua pantai di Jogja ada larangan tersebut, meskipun tidak semuanya. Maka dari itu yang hobi bermain air sebaiknya pilih pantai yang relatif aman. Ada banyak kok. Mau tau yang mana aja? Whatsapp kami ya.
  • Ingat, Jangan ke Malioboro pada hari pasaran Selasa Wage. Sepi Coy!

Tips Liburan Jogja #3

c. Tips Liburan Jogja #3 :  Aturan tak Tertulis

  • Ada aturan tak tertulis di beberapa tempat wisata pantai di jogja. Semisal jangan memakai pakaian warna hijau pupus agar tidak diseret ombak pantai selatan. Bukannya kok percaya hal mistik sih, tapi biar aman saja. Masa sih kamu yang koleksi bajunya dua lemari plus tiga koper, ga punya alternatif warna baju selain hijau pupus?
  • Di Keraton Yogyakarta, ada aturan dimana kamu nggak boleh sembarangan pegang-pegang sesuatu. Ikuti saja aturan itu daripada kenapa-kenapa. Kami ngga bertanggung jawab kalo ada sesuatu. Liat aja udah cukup, pegang jangan, bukan muhrimnya.
  • Meskipun jarang ada tulisan tertulis, Jika kamu akan berwisata naik Jeep Adventure Merapi. Maksimal 4 orang saja. Kalo berlima, penuh sesak nggak enak.
  • Ada juga aturan tak tertulis, Jangan bawa pasangan di Candi Prambanan, ntar bisa putus hubungan cintamu. Kalo demikian ya biasa aja kalik. Cari pacar lagiii.

Untuk Tips Wisata di Pantai yang lebih lengkap bisa baca disini ya

Demikian Tips Liburan ke Jogja #3 : Kewaspadaan,  Bersambung ke tips berikutnya ya. Tapi kalo kamu udah keburu mau liburan dan udah siap travelling? Boleh klik Pilihan City Tour di web ini.

Beri Penilaian

Click on a star to rate it!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Spread the love
Tag

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *