Tips Liburan ke Jogja #5 : Bertanya Arah

Tips Liburan ke Jogja #5 : Bertanya Arah.

Tips Liburan ke Jogja #5 : Bertanya Arah adalah lanjutan beberapa tips buat kalian yang hendak berwisata ke Yogyakarta. Artikel ini dibuat untuk menjaga kesempurnaan wisatamu. Bagi yang belum baca Tips yang pertama, kedua, ketiga, dan keempat, Boleh dibaca dulu agar lebih komprehensif. Ok, Langsung  lanjut ke poin berikutnya.

Jogja adalah kota yang ramah wisatawan, budaya jawa yang masih teramat kental disini. Di Jogja, dijamin dirimu tidak akan kesasar jika mau bertanya. Masih ingat kan pemeo, ‘malu bertanya sesat dijalan’. Namun kamu juga perlu memperhatikan etika ketika bertanya. Misalnya, Kamu musti turun dari kendaraan dan menggunakan bahasa yang sopan ketika bertanya. Mereka yang ditanya pasti akan senang menjawab pertanyaanmu.

Ada hal yang unik yang bisa ditemui ketika bertanya di daerah Jogja pada khususnya dan Jawa pada umumnya. Saat kamu bertanya jarak tempuh pada orang-orang di pedesaan, kamu harus mempunyai asumsi penghitungan yang dilebihkan.

Misalnya : Kamu bertanya jarak lokasi objek wisata dari tempatmu bertanya, mereka akan menjawab dengan santainya, “Sudah dekat kok cuman kearah sana 10 menit” atau “belok kiri dikit nanti ada tugu, trus kekanan, atau “lurus terus udah sampai, kira-kira 10 menit”.

Nah, ketika kamu dapat jawaban demikian, Kamu harus tega melupakan wajah innocent orang-orang tersebut, Jangan percaya! Perkiraan 10 menitnya orang pedesaan itu kurang lebih kalo dikalkulasi akan menghasilkan 1 jam waktu tempuh!

Tips Liburan ke Jogja #5

Tips Liburan Jogja #5 : Mereka Menggunakan Arah mata Angin

Ketika kamu bertanya arah, mereka akan berpatokan pada arah angin. Misalnya, Ngetan, Ngulon, Ngidul dan Ngalor. Kebiasaan ini hingga sekarang masih tetap ada. Ini bukan ngarang, ini riset kecil-kecilan oleh tim Blog Travelisto dengan mengambil beberapa sample orang-orang di daerah.

Misal : “Dari kecamatan, Sampeyan ngidul, ketemu batas desa ada perempatan, lalu ngetan dikit, ada rumah makan, masih ngetan sampe ketemu pos polisi, Lor e pos polisi masuk ngulon, disitu lokasinya”. Nah kalo kamu payah dalam hal arah mata angin, pasti akan bingung, maka dari itu jangan lupa bawa kompas, tapi jangan yang versi cetak.

Kebiasaan itu kini mungkin sudah mulai ditinggalkan dengan adanya teknologi Google Maps atau Waze. Tapi ga usah menyangkal, Kamu pasti sering kesasar walaupun sudah pake Map? Lalu kemudian marah-marah, map nya disalahin! Trus nge-goblok-goblokin suara perempuan yang mengarahkanmu.

Demikian Tips Liburan ke Jogja #5 : Arah,  Bersambung ke tips berikutnya ya. Tapi kalo kamu udah keburu mau liburan dan udah siap traveling? Coba lihat-lihat paket city tour yang ada.

Spread the love
Tag

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *